Berikut Yang Dinilai Dalam Lompat Jauh Yaitu

Berikut Yang Dinilai Dalam Lompat Jauh Yaitu – Atlet lompat jauh putri Indonesia Maria Londa beraksi saat Asian Games di SUGBK, Jakarta, Senin (27/8/2018). Maria Londa yang finis kelima tak mampu mempersembahkan medali. (Bola.com/Peksi Cahyo)

, JAKARTA – Lompat jauh merupakan cabang olahraga atletik yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Diketahui olahraga ini pertama kali dipopulerkan oleh bangsa Yunani pada tahun 708 M melalui olimpiade kuno.

Berikut Yang Dinilai Dalam Lompat Jauh Yaitu

Pengertian lompat jauh adalah gerakan melompat ke depan dengan kaki diangkat sebagai usaha untuk mengangkat beban tubuh setinggi mungkin di udara (melayang). Lompat jauh menuntut atlet untuk melakukan push off dengan satu kaki, sehingga dapat dikatakan olahraga ini memadukan kekuatan, kelincahan, kecepatan dan daya ledak tubuh.

Hal Yang Dapat Membedakan Gaya Dalam Lompat Jauh

Walaupun hanya sekedar melompat, olahraga ini membutuhkan teknik yang mumpuni untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Apalagi tujuan utama lompat jauh adalah mencapai sejauh mungkin ke area pendaratan yang telah disiapkan.

Alhasil, sikap tangan saat bermain lompat jauh sangat mempengaruhi hasil akhir pertandingan. Umumnya, postur tangan ditentukan oleh gaya yang digunakan.

Berita video menjadi salah satu momen bersejarah dan dramatis Olimpiade Tokyo 2020, saat atlet Yunani meraih medali emas cabang olahraga lompat jauh putra pada Senin pagi (2/8/2021) WIB.

Atlet Kuba Maykel Masso bertanding dalam final lompat jauh putra Olimpiade Tokyo 2020 di Olympic Stadium Tokyo, Senin (2/8/2021). (Foto: AFP/Javier Soriano)

A.memipin Jalannya Diskusi

(2021) oleh Atma Endris membagi gaya lompat dalam lompat jauh menjadi tiga jenis, yaitu gaya jongkok (

Gaya squat adalah gaya yang paling umum digunakan oleh para atlet. Saat menggunakan gaya ini, Anda perlu menekuk kaki saat terbang di udara (membangun sikap berdiri) setelah mendorong satu kaki di awal lompatan.

Kemudian, sikap lengan harus sejajar saat terbang di udara. Lengan harus lurus ke depan dengan bahu dan siku sedikit ditekuk.

Gaya gantung merupakan alternatif dari gaya jongkok. Gaya ini mencoba menggambarkan tubuh yang melayang anggun di udara.

Bab I Materi Lompat Jauh

Dalam latihannya, segera setelah memukul mundur menggunakan satu kaki, Anda harus segera menekuk kaki ke belakang, lalu luruskan ke depan jika ingin mendarat.

Sedangkan sikap lengan pada gaya gantung tidak jauh berbeda dengan gaya jongkok. Kedua lengan harus sejajar menghadap ke atas saat Anda melakukan push-up pertama dan perlahan-lahan turunkan jika ingin mendarat di bak lompat.

Selain gaya squat yang sering digunakan, gaya air walk menjadi salah satu gaya yang paling digemari saat ini. Karena gaya ini dianggap memungkinkan atlet melakukan lompatan lebih jauh dan memecahkan rekor.

Saat berada di udara, Anda harus membayangkan atau memvisualisasikan berjalan di udara. Semakin banyak Anda bisa berjalan di udara, semakin baik hasil lompatannya.

Buku Siswa Kelas Vii Pjok

Kemudian, sikap lengan diarahkan ke atas saat berada di udara untuk memaksimalkan peran kaki. Kemudian, saat mencapai posisi ujung, sikap lengan harus diarahkan ke depan atau sedikit ke bawah, dan arah tumpuan kaki harus diikuti.

Atlet Jepang Daisuke Fujishima mendaratkan nomor lompat jauh putra T44, T62/T64 pada Asian Para Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (12/10). (/Helmi Fithriansyah)

Awalan sangat penting dalam olahraga lompat jauh. Teknik awalan dapat menentukan seberapa jauh lompatan akan dilakukan.

Dalam teknik lompat, Anda harus memulai dengan perlahan dan meningkatkan kecepatan lari Anda ke posisi akhir sebelum melompat. Biasanya saat teknik ini dilakukan, jarak maksimal yang bisa ditempuh adalah 45 meter.

Tiga Pola Gerak Dalam Lompat Jauh

Teknik tolakan adalah jurus sebelum melompat. Anda perlu menggunakan kaki terkuat untuk menjadi tumpuan agar lompatan yang Anda lakukan bisa menghasilkan jarak yang jauh.

Dalam teknik ini, sikap tangan dalam menanggapi lompatan juga sangat terpengaruh. Oleh karena itu, sikap tangan dilempar ke atas saat tolak-menolak agar nyaman saat terbang di atas lapangan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada tiga teknik yang digunakan saat berselancar. Mulai dari gaya jongkok, gaya anganging, hingga gaya berjalan di atas air.

Gunakan gaya yang sesuai dengan kenyamanan Anda. Sebab, dalam teknik terbang dibutuhkan keseimbangan tubuh. Akibatnya, jika tekniknya tidak tepat, maka jarak lompatannya tidak jauh.

Atlet Lompat Jauh Indonesia Winney Maharati Latihan Di Australia

Teknik mendarat adalah sikap jatuh yang dilakukan setelah tolakan. Pendaratan biasanya dilakukan dengan lutut sedikit ditekuk dengan tetap menjaga keseimbangan tubuh.

Kemudian biasakan tumit terlebih dahulu saat mendarat. Hal ini dilakukan untuk mencegah risiko cedera kaki saat mendarat dengan bertumpu pada jari kaki.

* Fakta atau Penipuan? Untuk mengecek keaslian informasi yang dibagikan silahkan WhatsApp cek keaslian nomor 0811 9787 670 dengan mengetikkan kata kunci yang dibutuhkan.

Top 3 Berita Hari Ini: Pakar bahasa tubuh memberi tahu Pangeran Harry bahwa dia sedih atas penobatan Charles III

Tuliskan Kesalahan Dalam Lompat Jauh?‚Äč

Penggemar acara penobatan Raja Charles III akan kecewa, malah berharap untuk reuni dengan Robbie Williams daripada kolaborasi dengan Calum Scotters Pernahkah Anda menonton lompat jauh? Ya, hal itu biasa kita lihat di berbagai ajang olahraga dari tingkat daerah hingga internasional yang biasanya ditayangkan di televisi. Olahraga ini termasuk dalam cabang atletik.

Kami juga sudah mencobanya di pelajaran olahraga sekolah dan bahkan mengujinya di pelajaran itu. Salah satu teknik yang harus dipahami siswa adalah teknik mendarat, selain memaksimalkan jarak juga diperlukan teknik untuk menghindari kerusakan.

Di bawah ini Anda akan menemukan teknik pendaratan yang baik serta pengetahuan lompat jauh, mulai dari sejarah hingga faktor-faktor yang menentukan keberhasilan lompat jauh.

Dalam cabang olahraga lompat jauh, teknik mendarat merupakan salah satu pengaruh terbesar terhadap jarak lompat. Dalam buku Atletik Dasar dan Lanjutan, Zikrur Rahmat menulis bahwa teknik pendaratan diperlukan untuk meminimalkan hilangnya jarak lompatan. Karena selisih 1 sentimeter bisa sangat dahsyat dalam sebuah perlombaan.

Soal Soal Penjaskes (a)

Dilansir dari Jawa Barat, masing-masing gerakan di atas memiliki maksud dan tujuan masing-masing. Tujuan meluruskan kaki adalah untuk mendapatkan jarak terjauh. Kaki yang lebar akan mengurangi hasil lompatan.

Membungkuk ke depan, menarik lengan ke belakang, dan mendorong pinggul ke depan dimaksudkan untuk mencegah hal ini mendarat di pantat Anda. Karena hal ini dapat menyebabkan cedera tulang ekor yang berpotensi fatal.

Teknik pendaratan ini membutuhkan kecepatan, ketelitian, kelenturan dan kemampuan mengkoordinasikan semua gerakan. Karena rangkaian gerakan harus dilakukan hampir bersamaan dalam waktu yang sangat singkat.

Zikrur Rahmat dalam buku Atletik Dasar dan Lanjutan menjelaskan bahwa lompat jauh adalah olahraga atletik dengan gerakan lompat untuk lompat jauh. Arena dalam permainan ini berupa lintasan dan bak lompat yang diisi dengan pasir sebagai tempat pendaratan terakhir selama lompat.

Mengenal Tiga Gaya Dalam Lompat Jauh

Dalam buku Dasar-Dasar Atletik karya Sukendro dan Eli Yuliavan disebutkan bahwa lompat jauh merupakan salah satu lompat angka dalam cabang olahraga atletik. Lompat jauh adalah gerakan melompat yang dimulai dengan berlari dan mendorong, mengangkat kaki ke atas dan ke depan sambil menjaga beban tubuh setinggi mungkin di udara hingga mendarat di titik terjauh.

Seperti dilansir worldathletics.org, olahraga lompat jauh berasal dari Yunani kuno. Di Olimpiade kuno, para atlet membawa beban di lengan mereka, lalu mengayun ke depan saat lepas landas dan melepaskan lompatan tengah untuk meningkatkan kecepatan.

Lompat jauh yang kita kenal sekarang dipertandingkan pada olimpiade pertama pada tahun 1896 dan lompat jauh putri dipertandingkan pertama kali pada olimpiade pada tahun 1948.

Beberapa rekor dunia telah tercipta. Rekor terpanjang pertama dibuat pada tahun 1935 oleh Jessie Owens, seorang Amerika yang melompat 8,13 meter. Rekor ini tidak dapat dilampaui hingga tahun 1960. Rekor terjauh lainnya dibuat oleh Bob Beeman yang mencapai 8,90 meter di Mexico City. Pada Olimpiade 1968, Mike Powell memecahkan rekor ini dengan lompatan 8,95 meter di Kejuaraan Dunia 1991.

Lompat Jangkit: Pengertian, Teknik Dasar, Hingga Manfaatnya

Dilansir dari penelitian di Universitas Negeri Yogyakarta, ada beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan lompat jauh. Pada umumnya pelompat jauh harus dalam kondisi fisik yang baik dan memiliki kemampuan yang meliputi kecepatan, daya lompat, kelincahan, kelenturan, ketangkasan dan rasa irama dalam mengkoordinasikan gerakan.

Lalu ada faktor teknis yang meliputi attachment, tolakan, navigasi dan pendaratan. Awalan mengemudi dengan akselerasi ke kecepatan maksimum yang terkontrol. Dalam teknik take-off, atlet harus membangun kecepatan vertikal sekaligus mengurangi kecepatan horizontal.

Siap mendarat. Ada 3 teknik yang bisa digunakan untuk itu yaitu jongkok, gantung dan jalan udara. Terakhir, saat mendarat diperlukan teknik untuk memaksimalkan hasil jarak dari lompatan.

Selain itu, Anda perlu memahami aturan apa yang menyebabkan kegagalan dalam lompat jauh. apa pun?

Sportpedia: 4 Tahapan Dalam Melakukan Lompat Jauh

Lapangan lompat jauh terdiri dari lintasan dan kolam lompat berisi pasir. Dilansir dari dasar-dasar atletik, ukuran track dan tub diatur sebagai berikut.

Nah itulah ulasan tentang cara mendarat atau mendarat dengan baik dalam lompat jauh, lengkap dengan penjelasan tentang sejarah lompat jauh dan faktor-faktor keberhasilan dalam lompat jauh. Mari berharap ini berhasil untuk Jakarta – lompat jauh adalah olahraga atletik di mana para atlet memadukan kecepatan, kekuatan, dan kelincahan untuk melompat dari papan lepas landas.

Jadi maksud atau tujuan dari lompat jauh adalah mencapai sejauh-jauhnya sampai ke tempat pendaratan atau bak lompat jauh.

Baca Juga: Reaksi Netizen Usai Tim Voli Putra Raih Hattrick Emas SEA Games: Kapan Sepak Bola Seperti Ini?

Mengenal 4 Teknik Dasar Lompat Jauh

Sekadar informasi, olahraga lompat jauh sudah ada sejak 13 abad silam, tepatnya di Yunani pada tahun 708 Masehi. Pada Olimpiade 1896, lompat jauh mulai menjadi bagian dari olahraga tersebut.

Sebagai salah satu cabang olahraga, lompat jauh tentunya memiliki tujuan tersendiri, dan dalam melakukannya dilakukan bukan secara kebetulan melainkan dengan teknik yang baik.

Untuk mendapatkan lompatan yang maksimal, Anda perlu sering melatih otot kaki, seperti berlari atau melompat. Ini membantu dalam tolakan untuk mendapatkan pantulan maksimal.

Juga dikenal sebagai squat lompat jauh atau gaya ortodoks, tujuan utama gaya ini adalah berlari secepat mungkin.

Teknik Pendaratan Yang Tepat Dalam Lompat Jauh

Leave a Comment