Akibat Dari Sikap Kurang Menerapkan Persatuan Di Lingkungan Sekolah

Akibat Dari Sikap Kurang Menerapkan Persatuan Di Lingkungan Sekolah – Persatuan dan keutuhan berasal dari kata yang sama yaitu satu atau tidak terbagi. Kesatuan dapat dipahami sebagai kumpulan dari banyak komponen yang berbeda menjadi satu. Sedangkan persatuan adalah hasil dari pergaulan menjadi satu dan keseluruhan.

Apa dampak yang akan terjadi jika unifikasi, homogenitas tidak terwujud? er bisa jawab? Berikut 14 pengaruh yang dikutip dari buku SUPER PERFECT GRADE 4, 5, 6 SD/MI karya Meity Mudikawaty, Melli Meisawati dan Ari Nurdiana:

Akibat Dari Sikap Kurang Menerapkan Persatuan Di Lingkungan Sekolah

Keluarga merupakan lembaga pertama kehidupan sosial. Jadi keharmonisan dalam sebuah keluarga sangatlah penting.

Jurnal Pertanahan Vol.10 No.1

Dalam setiap keluarga harus ada rasa saling menghargai agar persatuan dan kesatuan dalam keluarga semakin kuat dan kokoh. Adapun kerugiannya jika tidak ada kerukunan dalam keluarga adalah sebagai berikut:

Solidaritas dan integritas juga dibutuhkan di sekolah. Hal ini dikarenakan untuk menciptakan lingkungan yang serasi dalam kegiatan belajar mengajar. Berikut ini adalah akibat tanpa kekompakan dan keseragaman tidak terwujud di sekolah:

Solidaritas dan persatuan dalam kehidupan bermasyarakat sangatlah penting. Jika ada perbedaan pendapat dalam kehidupan bermasyarakat, sangat wajar dan tidak akan terjadi kekacauan jika ada persatuan dan kesatuan.

11. Tidak ada kerjasama antar anggota masyarakat, padahal gotong royong sangat diutamakan dalam kehidupan bermasyarakat.

Kekerasan Di Lingkungan Pendidikan Yang Harus Dihindari

Dalam kehidupan warga negara, solidaritas dan persatuan sangat penting. Jika dalam kehidupan berbangsa, negara tidak memiliki persatuan dan kesatuan, maka akan menimbulkan perpecahan dalam bangsa. Berikut adalah efeknya:

12. Kehilangan toleransi dan kedermawanan dalam kehidupan bermasyarakat. Toleransi diperlukan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara untuk menciptakan toleransi dan kerukunan.

14. Melemahnya pertahanan dan keamanan negara. Ketika orang tidak lagi bersatu dan melawan, serangan dari luar akan dengan mudah menembus tanah air dan dapat menimbulkan bencana.

Nah, kalau sudah disebutkan apa dampaknya jika unifikasi tidak terwujud, maka tidak perlu heran! Persatuan dan kesatuan bangsa merupakan senjata yang paling ampuh bagi negara Indonesia untuk mewujudkan cita-cita masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur.

Edisi #16 Membagi Daya Melawan Stigma

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online, kesatuan adalah gabungan (asosiasi, himpunan, dan lain-lain) dari beberapa bagian yang menjadi satu. Sedangkan konsep kesatuan berarti satu hal, satu, satu hakikat, satu kesatuan.

Untuk itu, semua orang harus berpegang pada prinsip persatuan dan mufakat. Apalagi Indonesia adalah negara yang memiliki banyak keragaman dan perbedaan.

Dengan adanya keragaman tersebut, tentunya penting untuk memiliki sikap solidaritas dan mufakat di antara masyarakat untuk menjaga keutuhan bangsa dan negara Indonesia.

Ada beberapa dampak negatif yang dapat muncul jika nilai atau prinsip persatuan bangsa tidak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sejarah Konflik Partai Persatuan Pembangunan Di Masa Orde Baru 14205 1 Pb

Video berita Ricardo Kaka dan Iker Casillas menjalankan tes Piala Dunia 2022, Al Rihla di Doha, Qatar.

Six+ 01:01 VIDEO: Gol Emas! Timnas bola voli putra Indonesia meminta doa dan dukungan masyarakat untuk mengikuti final SEA Games 2023.

5 Fakta Menarik Kekalahan MU di Markas West Ham United: Adapun David Moyes, Persaingan Liga Champions Semakin Sengit

Foto: 5 pemain Argentina yang direkrut Liverpool selama dua dekade terakhir, Alexis Mac Allister bisa menjadi yang terbaru

Faktor Pendorong Penghambat Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Indonesia

Foto: Tanpa kehilangan satu set pun, Tim Voli Putra Indonesia masuk Semifinal SEA Games 2023 sebagai Juara Grup A setelah kalah dari Kamboja Sikap solidaritas harus kita tanamkan sejak dini di manapun dan kapanpun , termasuk di lingkungan sekolah. Sekolah adalah lembaga pendidikan yang beranggotakan sekolah. Anggota sekolah tersebut tentunya berasal dari latar belakang yang berbeda-beda.

Keanekaragaman anggota yang terintegrasi dalam suatu organisasi dapat menimbulkan permusuhan jika kita tidak menerapkan sikap solidaritas. Yuk simak apa akibatnya jika solidaritas tidak diterapkan di lingkungan sekolah!

Kurangnya persatuan di lingkungan sekolah tentunya memberikan dampak negatif bagi kehidupan sekolah itu sendiri. Dampak ini dapat mempengaruhi guru, siswa, seluruh warga sekolah termasuk nama baik sekolah. Yuk simak apa akibatnya jika solidaritas tidak diterapkan di lingkungan sekolah!

Tidak adanya solidaritas dapat menyebabkan warga sekolah saling mengejek. Entah itu tentang suku, agama atau hal lainnya. Merasa dirinya paling hebat diantara yang lain biarkanlah dia meremehkan dan mengolok-olok orang lain.

Pts Pkn 4.1.22 Worksheet

Berdebat, termasuk saling mengejek terus-menerus, menimbulkan perasaan benci, tidak suka, dan sakit hati. Hal ini dapat berdampak pada perkelahian yang akan terjadi di sekolah. Kemarahan dan balas dendam menguasai mereka. Tidak ada rasa persatuan, tak satu pun dari mereka ingin mengalah satu sama lain.

Bullying terjadi terus menerus dan menjadi merajalela jika tidak ada solidaritas di lingkungan sekolah. Hal ini dikarenakan tidak memiliki rasa peduli satu sama lain, jika salah satu temannya terluka. Setiap orang egois dengan aktivitasnya. Yang kuat menggertak yang lemah dan tidak ada yang membela dan melindungi mereka.

Bullying, saling ejek, dan tawuran akan membuat suasana sekolah kacau balau. Tidak ada rasa aman dan nyaman di lingkungan sekolah. Hal ini membuat warga sekolah merasa terasing dan ketakutan bahkan di lingkungan sekolahnya sendiri.

Semua warga sekolah tidak memiliki jiwa solidaritas, sehingga lebih mementingkan kegiatan pribadi. Semua anggota sekolah mengikuti ego mereka sendiri dan tidak memiliki rasa kekeluargaan yang tertanam di dalamnya. Tanpa rasa kekeluargaan dan kasih sayang satu sama lain, keharmonisan tidak akan terjadi.

Contoh Contoh Dampak Negatif Tidak Menerapkan Persatuan Dan Kesatuan

Kebingungan yang disebabkan oleh tidak adanya rasa persatuan sangat mempengaruhi kegiatan belajar mengajar di sekolah. Guru dan siswa tentu tidak bisa berkonsentrasi jika terjadi perkelahian di kelas. Suasana kelas yang tidak kondusif dan tidak nyaman menyebabkan kualitas pembelajaran menjadi menurun.

Jika tidak ada solidaritas di lingkungan sekolah, perkelahian antar kelas tidak bisa dihindari. Masyarakat atau masyarakat umum mau tidak mau menyoroti kejadian tersebut. Mereka akan berpikir bahwa sekolah tempat terjadinya perkelahian tidak akan aman bagi anak-anak mereka. Hal ini sangat mempengaruhi reputasi dan citra baik sekolah.

Suasana sekolah akan kacau balau, warga sekolah saling mengejek, tawuran di mana-mana, perundungan tidak dapat dihindari, kerukunan tidak dapat tercipta, kualitas pembelajaran menurun, dan nama baik siswa dapat tercoreng.

Toleransi atau saling menghargai, tidak merasa lebih unggul dari orang lain, berlatih saling pengabdian dan kerja sama, terbuka dan membangun komunikasi positif satu sama lain, saling mencintai dan tidak mementingkan diri sendiri serta lebih mementingkan kepentingan bersama.

Pas Muatan 1. Worksheet

Akibatnya, anggota keluarga sering bertengkar, pekerjaan rumah tangga yang tidak tulus dan terpaksa, egoisme dan ketidaktertarikan pada anggota keluarga lain, perceraian, stres, dan kekerasan dalam rumah tangga.

Leave a Comment